Cara Daftar Bansos Online

Kabar baik masih terus berlanjut bagi masyarakat kurang mampu atau terdampak covid-19. Bansos (Bantuan Sosial) masih terus dilanjutkan dengan anggaran 78.22 triliun untuk tahun depan, yakni 2022. Menurut Menteri Sosial Tri Rismaharini, pemerintah masih melanjutkan program tersebut dengan sasaran yang tepat. Agar anda mendapatkan manfaat dari bantuan terebut, setidaknya telah mengetahui bagaimana cara daftar bansos online yang bisa dilakukan dengan cara cukup mudah.

Sebelumnya, untuk pendaftaran tersebut hanya bisa dilakukan dengan cara offline. Dengan adanya aplikasi yang ada di Playstore, anda bisa mendaftarkan diri sebagai penerima manfaat. Namun ingat, data diri yang diperlukan untuk menyeleksi kelayakan harus diserahkan terlebih dahulu ke kantor desa atau kelurahan. Artinya, kedua cara tersebut masih berhubungan, baik cara offline maupun online.

Secara sederhana, anda harus melakukan pendaftaran secara offline terlebih dahulu sebelum akhirnya bisa melanjutkan tahap berikutnya, yakni cara online. Bagi yang belum mengetahuinya sama sekali, kami sudah merangkum berbagai hal penting yang masih berhubungan dengan bansos resmi yang diberikan pemerintah Indonesia.

Perlu diketahui, Bansos yang diterima yakni meliputi dua hal, PKH dan juga kartu sembako. Jika anda berhasil atau diterima dari pengajuan tersebut, anda berhak mendapatkan kedua bantuan tersebut. Bantuan akan diterima setiap bulan, kadang juga setiap tiga bulan sekali tanpa adanya potongan per bulannya.

Syarat Daftar Bansos Online

Sebelum menyempatkan diri mendaftar, ada baiknya anda perhatikan persyaratannya terlebih dahulu. Apa saja syaratnya? Berikut lebih lengkapnya!

  • Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Termasuk yang berhak menerima bantuan, dalam artian keluarga miskin atau rentan miskin dan dalam kondisi kekurangan.
  • Bukan aparatur negara, termasuk perangkat desa, dan juga TNI/Polri.
  • Warga yang terkena dampak covid-19 dan telah di PHK (Putus Hubungan Kerja) dari pekerjaan lamanya.

Cara Daftar Bansos Online 2021

cara daftar bansos online

Apakah anda yakin memenuhi semua persyaratan diatas? Jika memang demikian, cobalah untuk mendaftar dan mencoba keberuntungan. Kenapa demikian? Karena meskipun anda sudah memenuhi semua persyaratan dan melengkapi berkas yang dibutuhkan, tidak 100% bisa menerima atau lolos seleksi dari Bansos yang dimaksud. Seperti yang dikatakan sebelumnya, ada dua tahapan cara daftar bansos online dan offline yang keduanya masih berhubungan.

Singkatnya begini, anda bisa melakukan pendaftaran secara offline saja, melainkan tidak bisa hanya cara daftar bansos online tanpa offline. Hal ini dikarenakan semua data yang dibutuhkan harus diserahkan secara offline di kelurahan masing-masing. Berikut lebih detail mengenai kedua cara pendaftaran yang dimaksud!

Baca Juga: Cara Daftar UMKM Online

Tahap Pendaftaran Offline

Pada tahap ini, siapkan berkas yang dibutuhkan, mulai dari surat pengantar tingkat RT, KTP, KK dan juga surat keterangan miskin. Setelah anda yakin semuanya lengkap, silahkan ikuti prosedur dibawah ini!

  • Datang ke kelurahan atau tingkat desa dengan membawa semua persyaratan yang dibutuhkan untuk pendataan DTKS Kemensos.
  • Isi semua formulir yang diberikan kelurahan sesuai dengan data diri dan berkas yang anda bawa.
  • Serahkan kembali formulir yang telah diisi tadi beserta kelengkapan berkas yang dibawa.
  • Sampai di sini, tugas anda sudah selesai dan berkas akan dikirimkan oleh kelurahan ke kecamatan, kemudian diteruskan ke tingkat kabupaten dan juga Himbara (Himpunan Bank Milik Negara).
  • Bagi penerima kartu sembako, nantinya anda mendapatkan rekening atas nama penerima bantuan dan juga KKS (Kartu Keluarga Sejahtera).
  • Proses selanjutnya hanya tinggal menunggu keputusan dari kemensos untuk kelayakan penerima bantuan.

Tahap Pendaftaran Online

Sederhananya, pendaftaran online yang dimaksud yaitu sebagai pengecekan setelah anda melakukan proses pendaftaran secara offline seperti diatas. Hal ini semakin mempermudah karena anda tidak harus selalu menghubungi kelurahan atau menunggu pemberitahuan dari mereka. Anda bisa mengeceknya secara langsung dengan aplikasi ‘Cek Bansos’ yang ada di Playstore.

  • Buka Google Playstore.
  • Cari ‘Aplikasi Cek Bansos’, pastikan anda download aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh Kementerian Sosial Republik Indonesia.
  • Klik ‘Instal’ pada aplikasi yang dimaksud.
  • Buka aplikasinya dan mulai lakukan pendaftaran dengan klik ‘Registrasi’.
  • Setelah berhasil daftar, anda langsung otomatis login, silahkan masuk ke menu ‘Usulan’ untuk memasukkan berkas KTP dan juga KK.
  • Pilih salah satu Bansos untuk proses pengecekan. Anda bisa memilih satu persatu, yakni kartu sembako atau PKH.
  • Jika memang pada proses offline tadi anda termasuk penerima manfaat yang diusulkan, akan muncul status dan nama yang sudah disesuaikan oleh Dukcapil setempat.

Kesimpulan

Dari semua keterangan diatas, dapat disimpulkan bahwa inti dari pendaftaran Bansos harus dilakukan secara offline terlebih dahulu. Adapun cara daftar bansos online hanya diperuntukkan sebagai pengecekan status dari penerima manfaat.

Baca Juga: Cara Daftar Kartu Prakerja

Jika pada tahap pengecekan tersebut masih belum terdaftar nama anda, atau status masih belum sebagai penerima manfaat, sebaiknya anda hubungi kelurahan setempat.