Cara Daftar eForm BRI

Ternyata banyak yang belum mengetahui bagaimana cara daftar eform BRI agar mendapat bantuan dari pemerintah. Bantuan yang dimaksud yakni untuk pelaku UMKM, dimana masing-masing mendapat 1.2 juta rupiah. Tujuannya tidak lain agar usaha kecil yang dijalankan semakin maju, dengan kata lain untuk bantuan modal.

Adapun tujuan lain dari bantuan yang diberikan adalah untuk pelaku usaha baru, khusus bagi mereka yang terkena dampak Covid-19. Seperti yang diketahui, selama pandemi terjadi beberapa tahun terakhir, banyak pekerja yang dikeluarkan oleh pihak perusahaan, atau di PHK. Kondisi ini tentunya sangat memprihatinkan, dimana hidup harus terus berlangsung untuk mendapat pekerjaan yang layak.

Dengan bantuan pemerintah yang bisa di cek melaui e-form BRI, masyarakat lebih sedikit tenang dan bisa melanjutkan kehidupannya dengan layak. Supaya dapat menerima bantuan UMKM, tentu ada beberapa syarat yang harus dipenuhi. Selain pengusaha atau pelaku usaha kecil menengah, bantuan tersebut tidak diberikan kepada sektor pekerjaan lain, seperti karyawan pabrik.

Syarat Daftar eForm BRI

Perlu diketahui untuk bantuan yang baru pertama kali diberikan, atau tahap pertama, jumlah yang diterima oleh setiap pelaku usaha mencapai 2.4 juta rupiah. Kemudian untuk tahap selanjutnya, yakni tahap kedua mendapatkan 1.2 juta rupiah. Apakah anda termasuk salah satu yang berhak menerima bantuan tersebut? Sebaiknya cek terlebih dahulu persyaratan berikut!

  • Warga negara Indonesia.
  • Minimal usia 18 tahun dan atau sudah mempunyai KTP.
  • Memiliki usaha mikro yang dibuktikan dengan berkas maupun data pendukung.
  • Khusus untuk pelaku usaha yang mempunyai alamat berbeda dengan tempat usahanya, wajib menyertakan SKU (Surat Keterangan Usaha).
  • Tidak ada tanggungan kredit dari perbankan.
  • Bukan ASN atau perangkat desa, TNI dan Polri, dan juga anggota BUMN serta BUMD.

Cara Daftar eForm BRI

cara daftar eform bri

Diatas merupakan syarat yang harus dipenuhi sebelum anda mendaftarkan diri sebagai penerima manfaat bantuan UMKM. Setelah yakin memenuhi persyaratan diatas, anda bisa melanjutkan dengan mendaftar bantuan UMKM melalui Dinas terkait atau koperasi yang sudah ditunjuk untuk melaksanakan tugas yang dimaksud.

  • Persiapkan terlebih dahulu semua berkas yang dibutuhkan, mulai dari identitas diri, KK, surat keterangan usaha, dan lainnya yang dibutuhkan.
  • Silahkan anda mengunjungi kelurahan untuk mendapatkan surat keterangan yang akan ditunjukkan kepada dinas terkait.
  • Datangi dinas pengurus bantuan yang sudah ditunjuk oleh pemerintah.
  • Anda akan mendapatkan formulir yang digunakan untuk pengajuan bantuan, silahkan diisi sesuai dengan berkas yang dibawa. Jangan pernah lewatkan alamat, KK, NIK, nomor telepon dan juga bidang usaha yang dijalankan.
  • Serahkan kembali formulir yang telah dilengkapi, kemudian anda tinggal menunggu keputusan dari Dinas yang menangani bantuan tersebut.
  • Jika di verifikasi dan dinyatakan anda berhak sebagai salah satu penerima manfaat bantuan UMKM, silahkan hubungi kantor BRI terdekat untuk pencariannya. Selain BRI, bank yang juga di tunjuk oleh pemerintah dalam hal pencairan dana bantuan UMKM adalah bank BNI.
Baca Juga: Cara Daftar Bansos Online

Cara Cek Bantuan UMKM melalui eForm BRI

Pada umumnya, penerima bantuan yang sudah di verifikasi akan diberitahu melalui nomor telepon yang didaftarkan sebelumnya. Pemberitahuan yang dimaksud yakni terkait jadwal pencairan nya. Meskipun ada dua bank yang ditunjuk, namun proses pengecekan hanya bisa dilakukan melalui link resmi dari BRI.

Agar lebih yakin, anda juga bisa mengeceknya sendiri melalui bantuan link eform BRI yang sudah disediakan. Caranya cukup mudah, hanya memerlukan KTP untuk memastikan apakah anda berhak menerima bantuan atau masih tertunda.

  • Buka browser di HP maupun laptop, kemudian kunjungi link http://eform.bri.co.id/bpum.
  • Isi NIK atau nomor KTP sesuai dengan yang didaftarkan sebelumnya.
  • Masukkan kode verifikasi sesuai yang tertera di layar, anda bisa reload atau mengganti kode tersebut jika tidak jelas terbaca.
  • Setelah yakin benar, klik ‘Proses Inquiry’, dan tunggu sebentar hingga beralih ke halaman baru.
  • Apabila tidak atau belum terdaftar, ada notifikasi ‘Nomor eKTP tidak terdaftar sebagai penerima BPUM’ dengan warna merah.
  • Sedangkan bagi yang terdaftar dan berhak mendapatkan bantuan UMKM, tulisannya berwarna hijau dengan keterangan untuk melakukan proses pencairan selanjutnya.
  • Anda bisa mengambil antrean langsung dari proses selanjutnya tersebut, yakni dengan cara memilih cabang dari Bank yang akan dituju, serta hari pencairan nya.
  • Selanjutnya silahkan pergi ke Bank yang sudah dipilih sesuai dengan jadwal atau antrean yang dibuat tadi.

Kesimpulan

Itulah informasi mengenai cara daftar eform BRI untuk mendapatkan bantuan UMKM bagi pelaku usaha yang sesuai dengan persyaratan yang diberikan. Informasi penting, untuk tahun 2021, hanya ada satu bantuan UMKM yang diberikan pemerintah sebesar 1.2 juta rupiah.

Baca Juga: Cara Daftar UMKM Online

Jadi jika anda sudah mendapat bantuan dan mencairkannya di tahun ini, silahkan abaikan jika anda notifikasi baru yang muncul di halaman pengecekan e form BRI tersebut.