Cara Registrasi Kartu Telkomsel

Sejak tahun 2017, tepatnya pada akhir bulan Oktober, pemerintah Indonesia mengeluarkan kebijakan baru tentang pendaftaran nomor kartu SIM, termasuk kartu Telkomsel. Ternyata sampai sekarang, masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara registrasi kartu Telkomsel prabayar.

Hal tersebut bisa dibuktikan dari banyaknya pencarian di mesin pencari, mungkin salah satunya juga anda yang tidak mengetahuinya. Padahal caranya sangat mudah, hanya dibutuhkan KK dan format pengiriman yang benar.

Bukan tanpa alasan kenapa pemerintah memberlakukan peraturan baru tersebut, meski kadang merepotkan bagi sebagian orang. Alasan pertama yakni karena banyaknya penipuan berbasis SMS maupun telepon dengan modus mendapatkan hadiah dari perusahaan ternama.

Banyak laporan dari korban yang telah tertipu dengan modus tersebut. Bagaimana tidak, hadiah yang ditawarkan bukan termasuk yang remeh, bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah.

Alasan kedua yakni untuk peningkatan kompetensi dari tiap-tiap provider yang ada di Indonesia. Pemerintah berharap dari peraturan terebut dapat menciptakan daya saing yang lebih positif, bukan hanya adu kartu perdana murah.

Meskipun diharuskan mencantumkan KK dan NIK dari setiap kartu yang akan digunakan, pemerintah masih memberikan kelonggaran dari peraturan tersebut. Kelonggaran yang dimaksud adalah satu KK bisa digunakan untuk tiga pendaftaran dari setiap kartu yang akan digunakan. Kartu tersebut juga tidak harus sama, anda bisa membeli tiga kartu berbeda yang didaftarkan untuk satu KK.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel

cara registrasi kartu telkomsel mudah

Ada dua cara registrasi kartu Telkomsel yang bisa dilakukan, dengan cara SMS dan langsung melalui website resmi Telkomsel. Keduanya sama, anda perlu NIK sebagai syarat utama untuk menggunakan kartu perdana tersebut, hanya berbeda dari fasilitas yang digunakan.

Sebenarnya ada cara paling mudah selain dari dua cara tersebut, yakni dengan cara otomatis. Ketika anda pertama kali memasukan kartu baru di perangkat, akan ada notifikasi yang muncul untuk melakukan pendaftaran. Saat itulah proses otomatis sebenarnya bisa dilakukan, anda tinggal memasukkan NIK dan juga nomor KK sesuai perintah yang tertera di layar. Namun sayangnya, sebagian tidak mendapatkan pesan tersebut sehingga harus melakukannya secara manual.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel SMS

Sebelum mendaftar kartu SIM agar bisa digunakan, pastikan apakah kartu tersebut baru atau sudah lama. Hal tersebut dikarenakan cara daftarnya berbeda dari format yang harus dimasukkan. Akan tetapi jangan khawatir, karena keduanya mudah dan kami juga memberikan tutorial lengkapnya berikut!

Bagi pengguna baru:

  • Buka aplikasi pesan biasa.
  • Isi nomor tujuan dengan nomor 4444
  • Pada bagian kolom pesan, ketik ‘REG(Spasi)NIK#NomorKK#’.
  • Agar tidak bingung, berikut contoh singkatnya, REG 0123456789101112#121110987654321#, lalu kirim ke 4444

Bagi pengguna lama:

  • Sama, anda juga harus membuka aplikasi pesan.
  • Masukkan 4444 pada kolom nomor tujuan.
  • Ketik ‘ULANG(spasi) NIK#Nomor KK#’.
  • Contoh, ULANG 0123456789101112#121110987654321#, kirim ke 4444.

Cara Registrasi Kartu Telkomsel Online

Cara daftar menggunakan SMS bisa anda lakukan secara offline, artinya anda tidak memerlukan koneksi internet ketika melakukannya. Untuk cara yang kedua ini harus menggunakan internet karena dilakukan online. Namun ada kelebihannya, and bisa melakukan pendaftaran meskipun perangkat dalam keadaan mati. Berbeda dengan cara SMS diatas yang mengharuskan HP dihidupkan terlebih dahulu.

Untuk syarat yang harus dipenuhi tetap sama, yakni dengan memasukkan NIK dan nomor KK. Ingat, antara NIK dan nomor KK tersebut harus sama, salah satu nomor saja bisa menjadikan proses registrasi gagal. Anda juga tidak bisa mengakali pendaftaran dengan memasukkan NIK dan KK yang berbeda. Silahkan anda ikuti tutorial mudah dari cara daftar kartu Telkomsel online berikut!

  • Buka browser, kemudian kunjungi https://www.telkomsel.com.
  • Klik ‘MyTelkomsel’ yang ada di pojok kanan atas.
  • Lanjutkan dengan klik ‘Masuk’.
  • Isi nomor telepon yang akan didaftarkan, atau anda bisa masuk dengan nomor yang sudah terdaftar sebelumnya.
  • Pastikan nomor sudah benar, kemudian klik ‘Masuk’.
  • Di halaman utama login dari website tersebut, anda pilih menu daftar ulan prepaid.
  • Masukkan nomor KK dan NIK pada masing-masing kolom yang disediakan.
  • Cek terlebih dahului sebelum klik ‘OK’.
  • Langkah terakhir yakni dengan menyetujui semua persyaratan yang dibuat pihak Telkomsel, silahkan anda centang pada kolom kecil bertuliskan ‘Setuju’.
  • Tunggu hingga anda mendapatkan balasan SMS dari pihak Telkomsel, jika proses diatas yakin benar, dipastikan anda bisa memanfaatkan kartu tersebut.

Kesimpulan

Sebenarnya ada juga cara lain yang bisa ditempuh, yakni dengan aplikasi MyTelkomsel yang bisa di download gratis melalui Playstore. Namun untuk cara yang satu ini, anda perlu kartu pertama yang sudah terdaftar sebelumnya. Artinya, cara tersebut hanya bisa digunakan untuk pelanggan yang mempunyai SIM aktif dari Telkomsel sebelumnya.

Demikian penjelasan singkat dari Rentist.id, semoga membawa manfaat bagi anda yang membutuhkan. Intinya, anda bisa melakukan cara registrasi kartu Telkomsel dengan banyak metode, tinggal cari mana yang lebih mudah dilakukan.